Merdeka artinya tidak terikat, tidak terikat kepada ruang, tidak terikat kepada waktu, maupun tidak terikat kepada hukum dan perorangan. Salah satu kemerdekaan yang paling dibutuhkan manusia adalah kebebasan berpendapat. Kebebasan berpendapat adalah hak alami yang dimiliki manusia berdasarkan keyakinan akal sehat manusia. Kebebasan yang dimaksud disini adalah kebebasan untuk mengeluarkan pendapat dimuka umum tanpa rasa takut, tanpa dilarang, hanya mengeluarkan pendapat yang mungkin muncul saja secara tiba-tiba dari pikiran kita, tentu saja bebas yang dimaksud adalah bebas yang bertanggung jawab, pendapat yang dikeluarkan bisa saja melalui berbagai cara seperti secara lisan dan tulisan. Namun terlepas dari masalah itu kebebasan berpendapat harus diberikan ruang yang pas untuk membatasi perbedaan pendapat terutama untuk yang menyangkut hal-hal yang prinsipil bagi seseorang,

Berbicara merupakan hak yang dimiliki manusia sebagai mahkluk yang mempunyai akal, namun apakah komunikasi yang memaparkan seseorang dalam cemoohan, permusuhan, penghinaan dan menurunkan citranya pada rekan-rekan, membuatnya dijauhi, atau merugikannya dalam pekerjaannya adalah hal yang pantas untuk dilakukan?

Kebebasan berpendapat memang sangat bagus karena pendapat yang kita keluarkan adalah cermin dari diri kita sendiri, orang lain dapat menilai diri kita dari cara kita berbicara baik itu secara positif ataupun negatif. Kasus yang sering terjadi sekarang ini adalah banyak orang yang berbicara terlalu bebas dengan dalih kemerdekaan berpendapat namun malah mengganggu hak orang lain. Hak yang dimaksud adalah privasi seseorang. Siapa yang bersedia jika privasinya diganggu? Karena privasi adalah hak manusia juga, hak manusia untuk sendiri dan tak diganggu, hak manusia untuk bebas dari publisitas tanpa dasar, maukah anda jika hak anda tidak dapat dicapai karena orang lain?

Manifestasi sejati dari kebebasan berpendapat adalah komunikasi dari sudut pandang yang berbeda, bukan dari dialog orang-orang yang mempunyai sudut pandang yang sama. Komunikasi tersebut dapat dijadikan ajang debat yang secara positif bisa meningkatkan intelegensia kita sebagai manusia.

Sesuatu hal yang tidak kita inginkan adalah merasakan kerugian akibat perbuatan orang lain dan tentunya kita tidak akan menghilangkan hak-hak orang lain dengan mengeluarkan pendapat yang mungkin hanya mengejar kepuasan sendiri, bukan?

Jawabannya ada pada hati nurani anda…

Advertisements